22 December 2010

Pengertian Penjualan

Penjualan adalah suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan
rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan
dan keinginan pemebeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan
laba (Marwan, 1991). Penjualan merupakan sumber hidup suatu perusahaan,
karena dari penjualan dapat diperoleh laba serta suatu usaha memikat
konsumen yang diusahakan untuk mengetahui daya tarik mereka sehingga
dapat mengetahui hasil produk yang dihasikan. Menurut Winardi (1982),
penjualan adalah suatu transfer hak atas benda-benda. Dari penjelasan
tersebut dalam memindahkan atau mentransfer barang dan jasa diperlukan
orang-orang yang bekerja dibidang penjualan seperti pelaksnaan dagang,
agen, wakil pelayanan dan wakil pemasaran.
1. Hubungan Promosi Dengan Penjualan
Dalam kegiatan pemasaran yang sangat kompleks dan saling berkaitan
yang satu dengan yang lainnya, seperti promosi dan penjualan hendaknya
dikelola dengan baik untuk mencapai tujuan perusahaan, yaitu laba. Promosi
berfungsi untuk meningkatkan volume penjualan juga sebagai strategi untuk
menjangkau pembeli untuk melakukan pertukaran. Sedangkan penjualan
adalah pemindahan barang dan jasa yang dilakukan oleh penjual. Pada
umumnya perusahaan yang ingin mempercepat proses peningkatan volume
penjualan akan melakukan untuk mengadakan kegiatan promosi melalui
iklan, personal selling, dan publisitas.
Apabila volume penjualan dirasakan cukup besar sesuai dengan yang
diinginkan serta cukup mantap, maka umumnya perusahaan menurunkan
kegiatan promosi atau sekedar mempertahankannya. Meskipun demikian
seringkali perusahaan dalam menurunkan kegiatan promosi diikuti pula oleh
penurunan penjualan. Hal ini disebabkan oleh karena beberapa kemungkinan,
misalnya penurunan promosi tersebut perlu ditinjau kembali. Peninjauan
tentang keputusan promosi tersebut hendaknya dilakukan dalam skop yang
luas, dengan demikian penyajian penetapan kebijakan promosi yang kurang
tepat dapat dihindarkan.

No comments:

Post a Comment