23 December 2010

RISET DAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN

RISET PEMASARAN 

Menurut Walter b. Wentz dalam bukunya MARKETING RESEARCH : Management and Method riset pemasaran didifinisikan sebagai :
”Pengumpulan dan penganalisaan informasi  untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan di bidang pemasaran”.
Manajemen menggunakan riset pemasaran untuk memudahkan dalam mengambil keputusan. 

Kegunaan Informasi Pemasaran 
a. Mengidentifikasikan Sasaran Konsumen
Sasaran konsumen dapat dikelompokkan sebagai individu-individu yang mempunyai tenaga beli serta keinginan akan suatu barang.
b. Perencanaan Barang 
Dalam hal ini pengusaha harus mengambil keputusan apakah menambah, menghilangkan, ataukah merupakan susunan product linenya, pembungkus serta merk dll.
c. Penentuan Harga 
Riset pemasaran berguna dalam penyediaan informasi guna mengambil keputusan dibidang harga meliputi penjualan perusahaan, harga yang ditawarkan perusahaan, harga dari pesaing dll.
d. Distribusi Fisik
Informasi yang digunakan oleh perusahaan dalam bidang distribusi fisik banyak berhubungan dengan biaya, seperti biaya pengangkutan, penyimpanan dsb. 
e. Saluran Distribusi
Informasi dalam hal ini menyangkut penjualan dan biaya dalam saluran distribusi.



f. Promosi 
Perusahaan memerlukan banyak sekali informasi dibidang promosi. Informasi ini diperoleh dari tenaga penjual, seperti : data variabel tentang penjualan mereka, jumlah kunjungan yang dilakukan dan waktu yang dipakai untuk kegiatan-kegiatan selain kegiatan penjualan. 

Ruang Lingkup Kegiatan Riset Pemasaran 
Kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam riset pemasaran antara lain :
g. Riset Pasar dan Penjualan
h. Riset Barang
i. Riset Ekonomi Perusahaan 
j. Riset Periklanan
k. Riset Lingkungan

Proses Riset Pemasaran
l. Merumuskan masalah atau mengidentifikasikan kesempatan 
Suatu masalah akan muncul jika terdapat perbedaan antara kenyataan dengan pelaksanaan yang diharapkan. Manajemen menggunakan riset pemasaran agar pelaksanaannya sesuai dengan rencananya sekaligus untuk mengetahui kesempatan yang ada secara langsung. 
m. Menentukan Sumber Informasi
Sumber informasi digolongkan menjadi dua, yakni :
- Data Primer 
Data primer adalah materi informasi yang diperoleh peneliti secara langsung ditempat yang menjadi obyek penelitian.
- Data Sekunder
Data sekunder adalah data yang dikumpulkan secara tidak langsung dari sumber-sumber lain. 
n. Mempersiapkan Formulir Pengumpulan Data 
Formulir pengumpulan data dapat berupa : daftar pertanyaan, pedoman wawancara, pedoman observasi dsb. 

o. Menentukan Sampel
Untuk mendapatkan informasi dari setiap anggota populasi peneliti harus menentukan sampel. 
p. Mengumpulkan Informasi dilapangan 
Pada tahap ini peneliti terjun kelapangan untuk mengumpulkan informasi dari respondent, baik dengan survey, observasi atau eksperimen. 
q. Mengadakan Perbaikan, Tabulasi dan Analisa Data 
Dalam fungsi perbaikan, seluruh daftar pertanyaan yang terkumpul diperiksa kembali untuk mengetahui apakah ada kesalahan baik dari pewawancara ataupun respondent.
Tabulasi merupakan proses perhitungan dan pencatatan data pada formulir lain. Kartu plong, ( kartu yang dipakai dalam komputer ) atau pada pita komputer. Dengan demikian dapat dicari jumlah atau rata-ratanya dengan menggunakan teknik-teknik statistik. 
Dalam fungsi analisa, peeliti mengadakan peringkasan data dalam berbagai ukuran statistik dan menerapkan prosedur-prosedur mathematis untuk menentukan arti dari ukuran-ukuran tersebut. 
r. Mempersiapkan Laporan Penelitian
Tahap terakhir yang dilakukan peneliti dalan riset pamasaran adalah membuat laporan penelitian yang biasanya berisikan :
· Pendahuluan
· Kondisi dari obyak yang diteliti
· Metode analisa
· Kesimpulan dan saran 

Metode Pengumpulan Data 
Metode pengumpulan data dapat dibagi dalam tiga cara, yaitu :
- Survey
- Pengamatan 
- Percobaan 


SISTEM  INFORMASI  PEMASARAN
Sistem informasi pemasaran berinteraksi dengan manajer dalam rangka :
Menilai Kebutuhan Informasi
Sistem informasi pemasaran yang baik akan menyeimbangkan antara informasi yang dimiliki oleh manajer dengan apa yang seharusnya mereka butuhkan dan apa yang layak ditawarkan. 
Mengembangkan Informasi
Informasi yang dibutuhkan oleh para manajer pemasaran bisa didapat dari data internal, intelijen dan riset pemasaran. 
- Data Internal
Database internal ialah kumpulan informasi terkomputerisasi yang didapat dari sumber data di dalam perusahaan.
- Intelijen Pemasaran 
Intelijen pemasaran ialah informasi harian mengenai perkembangan lingkungan pemasaran yang membantu manajer menyiapkan dan menyesuaikan rencana pemasaran.
- Riset Pemasaran 
Riset pamasaran didifinisikan sebagai desain, pengumpulan, analisis dan pengumpulan data secara sistematis yang relevan untuk situasi pasar yang spesifik yang dihadapi oleh organisasi. Aktivitas riset pemasaran yang dilakukan oleh manajer pemasaran mulai dari studi mengenai potensi pasar, sampai penilaian kepuasan dan perilaku pembelian konsumen, mempelajari aktivitas penetapan harga, produk, distribusi dan promosi.
Mendistribusikan Informasi
Informasi yang dikumpulkan melalui intelijen pemasaran dan riset pemasaran harus didistribusikan kepada manajer pemasaran yang tepat pada saat yang tepat. Manajer secara rutin membutuhkan laporan kinerja, berita intelijen terbaru dan laporaan hasil studi untuk membuat perencanaan rutin, pengimplementasian rencana tersebut dan pengambilan keputusan. 




No comments:

Post a Comment